Pekerjaan Pembongkaran Saat Proyek Renovasi, Apa Yang Harus Diperhatikan?

Pekerjaan Bongkaran

Rumahmaterial.com – Jika kita ingin melakukan renovasi rumah atau jenis bangunan yang lain pasti ada yang namanya pekerjaan pembongkaran. Pekerjaan pembongkaran ini dilakukan untuk menyesuaikan kondisi eksisting dengan rencana ruang yang kita inginkan.

Dalam bahasa Indonesia mungkin satu kata bongkaran sudah membuat orang paham apa yang dimaksud. Tetapi jika kita melihat item pekerjaan bongkaran dalam BQ bahasa Inggris terdapat dua istilah yang sering digunakan yaitu dismantle dan demolish.

Dismantle lebih pada bongkaran yang dilakukan secara hati-hati dan seluruh atau sebagian material bongkarannya bisa digunakan lagi, mungkin lebih ke pekerjaan melepaskan peralatan.

 Sedangkan demolish adalah membongkar dengan cara menghancurkan, misalnya saat membongkar dinding bata.

Apa yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pekerjaan pembongkaran?

1. Pastikan batas-batas yang jelas

Pada saat melakukan pekerjaan pembongkaran harus jelas batas-batas mana area yang perlu dibongkar, jangan sampai bagian yang masih mau dipakai ikut dibongkar juga.

2. Material ex bongkaran bagaimana?

Harus jelas apakah material hasil bongkaran akan dibuang atau harus diserahkan ke pemilik proyek. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap biaya pekerjaan pembongkaran.

Mengapa demikian? Coba bayangkan jika material hasil bongkaran harus diserahkan kepada pemilik proyek maka pekerjaan bongkaran harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak material tersebut. 

Tentunya pelaksanaan pekerjaan pembongkaran akan menjadi lebih lama dari sistem pekerjaan pembongkaran yang nanti hasil bongkarannya akan dibuang.

Biasanya dalam proyek renovasi yang material bongkarannya diserahkan kepada pemilik proyek adalah item bongkaran AC, lampu-lampu, dan peralatan ME yang lain, serta item pekerjaan pintu dan jendela.

3. Buang puing bekas bongkaran 

Jangan lupakan item pekerjaan buang puing bekas bongkaran ke luar dari lokasi  proyek yang secara berkala harus dilakukan untuk menjamin kebersihan area proyek.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang pekerjaan pembongkaran saat proyek renovasi, semoga bermanfaat bagi Anda 

Posting Komentar untuk "Pekerjaan Pembongkaran Saat Proyek Renovasi, Apa Yang Harus Diperhatikan?"