Hardware Pintu Kayu Untuk Kamar Hotel, Apa Yang Berbeda?

Hardware Pintu Hotel

Rumahmaterial.com – Sebelumnya kami pernah membahas tentang hardware pintu kayu dalam artikel 6 Jenis Hardware Pintu Kayu. Kalau untuk kamar hotel apakah tetap sama hardware yang digunakan?

1. Engsel 

Secara umum hardare pintu kayu yang digunakan sama saja yaitu penggantung dan pengunci. Untuk penggantung tentunya menggunakan engsel pintu biasa. Untuk pintu ukuran standar menggunakan 3 buah engsel pintu.

2. Cardlock Hotel

Sedangkan untuk pengunci ini yang mungkin agak berbeda. Untuk pintu kamar hotel biasanya tidak menggunakan mortise lock, cylinder dan handle biasa, tetapi menggunakan 1 set card hotel door lock atau cardlock hotel.

Pintu tidak dibuka menggunakan anak kunci, tetapi menggunakan kartu akses. Untuk cardlock hotel secara khusus pernah kami bahas dalam artikel Hotel Lockset (Card Hotel Door Lock) Untuk Kunci Kamar Hotel.

Selain itu ada beberapa macam hardware yang sering dipasang pada pintu kamar hotel seperti di bawah ini.

3. Door Stoper

Fungsinya adalah sebagai penahan gerak pintu untuk menghindarkan handle pintu dari benturan dengan dinding. 

Ada jenis door stoper yang dipasang pada daun pintu, pada dinding, dan ada yang dipasang pada daun pintu dan dinding secara berpasangan, tergantung dari tipe produknya.

4. Door Guard / Door Chain

Fungsinya adalah sebagai pengunci tambahan agar lebih aman, pintu tidak langsung terbuka semua dan membatasi akses siapa yang bisa masuk ke kamar.

Apa beda door guard dan door chain?

Meski memiliki fungsi yang sama tetapi bentuknya saja yang berbeda. Kalau door chain menggunakan rantai yang dikaitkan pada kusen dan sisi pintu.

Sedangkan door guard tidak menggunakan rantai, tetapi hanya berupa pengait besi yang dipasang antara kusen dan daun pintu.

5. Door Viewer

Fungsinya sebagai lubang intip untuk melihat siapa yang ingin berkunjung ke kamar hotel, untuk memastikan keamanan juga agar kita tidak asal membuka pintu kamar hotel saat bel berbunyi atau pintu diketuk.

Door viewer biasanya dilengkapi lensa sudut lebar sehingga bisa lebih jelas untuk melihat siapa yang ada di balik pintu dari dalam ke luar.

Dalam memilih produk door viewer perlu diperhatikan panjang door viewer tersebut jangan sampai terlalu panjang jika dibandingkan dengan ketebalan pintu kayunya, karena nantinya bisa sangat menonjol kalau dipasang.

Apapun hardware yang dipilih sebaiknya dibuatkan 1 mock up pintu terpasang lengkap dengan semua hardware yang dipilih, sehingga bisa dilihat secara keseluruhan apakah produk hardware pintu yang dipilih cocok atau tidak, baik dari segi desain maupun ukuran.

Demikian beberapa hardware pintu kayu kamar hotel yang mungkin sedkiti berbeda dengan pintu kayu pada bangunan kantor dan bangunan rumah tinggal. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Hardware Pintu Kayu Untuk Kamar Hotel, Apa Yang Berbeda?"