Ini Dia Beda Gedung Bank Dengan Gedung Perkantoran Biasa

Gedung Bank

Rumahmaterial.com – Bank merupakan institusi keuangan yang gedungnya banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia, dari kota besar sampai kota kecil. 

Dari sisi ukuran dan jenis pelayanan gedung bank juga terbagi menjadi gedung kantor pusat, kantor cabang, dan kantor cabang pembantu.

Untuk kantor cabang pembantu biasanya akan ada di dalam komplek ruko atau pertokoan, ada juga yang di dalam mall. Sedangkan untuk gedung kantor cabang bank umumnya akan berupa gedung sendiri dengan ukuran bangunan gedung bertingkat dengan luas di atas 2000 m2.

Sekarang pertanyaannya apakah gedung bank sama dengan gedung kantor biasa?

Secara umum gedung kantor bank sama dengan gedung perkantoran biasa, tetapi ada beberapa hal yang membedakan gedung bank dengan gedung kantor biasa, antara lain adalah:

1. Banking Hall

Pada gedung bank ada ruang banking hall, yang merupakan area publik untuk melayani nasabah bank tersebut. Pada area banking hall terdapat area tunggu nasabah, area teller, dan area cso (customer office officer). 

Di area ini biasanya masing-masing bank akan menunjukan ciri khas dan identitasnya dalam bentuk dekoratif ruangan yang berbeda antara bank yang satu dengan yang lain. 

2. Ruang Khasanah / Kluis dan SDB

Ruangan Khasanah / kluis dan SDB yang menjadi ciri khas dari bangunan bank adalah tempat penyimpanan uang, serta barang dan surat berharga.

Ruang ini merupakan ruangan dengan struktur beton yang tebal dan kuat, karena merupakan ruangan yang tahan gempur dan tahan api.

Ruangan ini dilengkapi dengan pintu khasanah / pintu kluis khusus untuk bangunan bank.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak artikel Ruang Khasanah, Ruang Dengan Sistem Keamanan Berlapis Pada Bangunan Bank.

3. ATM Gallery

Pada gedung bank terdapat ATM galery yang merupakan area khusus untuk menempatkan beberapa mesin ATM. 

Kadang ATM gallery ada yang di dalam bangunan utama atau mungkin menjadi bangunan tersendiri yang terpisah dari bangunan  utama bank tersebut.

Selain itu ruangan yang ada relatif sama dengan gedung perkantoran biasa seperti ruang kerja, ruang rapat, ruang pimpinan, ruang istirahat, ruang arsip, dan lain-lain.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang perbedaan gedung bank dengan gedung perkantran biasa. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Beda Gedung Bank Dengan Gedung Perkantoran Biasa"