Modular Vault System (MDV) Untuk Ruang Khasanah Bangunan Bank

Rumahmaterial.com – Pada tulisan kali ini kami masih akan membahas tentang bangunan gedung bank setelah sebelumnya membahas tentang apa beda gedung bank dengan gedung perkantoran biasa.

Salah satu ruang yang sangat penting dalam suatu bangunan gedung bank adalah ruang khasanah atau ruang kluis dan ruang SDB, seperti pernah kami nahas dalam artikel Ruang Khasanah, Ruang Dengan Sistem Keamanan Berlapis Pada Bangunan Bank.

Struktur beton untuk ruang khasanah memiliki desain khusus dengan ketebalan pelat beton yang cukup tebal dan pembesian yang rapat.

Karena itu ruang khasanah harus direncanakan letaknya pada saat merencanakan struktur bangunan tersebut. 

Untuk bangunan yang dibangun dari nol mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, tetapi akan berbeda jika asalnya bangunan perkantoran biasa yang akan direnovasi menjadi bangunan bank.

Bagaimana dengan ruang khasanah untuk bangunan tersebut?

Dari pengalaman rekan kami, untuk membuat ruang khasanah dalam bangunan perkantoran biasa masin bisa dilakukan jika terletak di lantai 1 dengan cara membuat dinding dan lantai pelat beton dengan tebal tertentu di dalam bangunan.

Nah kalau ruang khasanah itu terletak di lantai atas, misalnya di lantai 2, ini lah yang menjadi masalah.

Kita tidak bisa membuat ruang kluis di lantai 2 itu dengan membuat struktur beton baru karena akan membebani struktur bangunan eksisting.

Terus bagaimana? Apakah ada solusinya?

Untuk membuat ruang khasanah dan ruang SDB di bangunan perkantoran biasa kita dapat menggunakan Modular Vault System atau MDV.

Apa itu Modular Vault System atau MDV?

MDV adalah sistem yang memungkinkan kita akan dapat membuat ruangan yang tahan api dan tahan bongkar dengan cara melapisi pelat lantai, dinding, dan pelat atas ruangan dengan panel-panel modular dengan desain dan ketebalan tertentu.

Modular Vault MDV

Mungkin tetap masih memerlukan pekerjaan perkuatan struktur untuk area yang akan dipasang MDV seperti perkuatan kolom dan balok beton dengan konstruksi baja  tambahan. 

Karena biar bagaimana pun pasti ada tambahan beban yang belum diperhitungkan dalam perencanaan struktur bangunan eksisting.

Apa saja komponen sistem MDV?

Sistem MDV terdiri dari beberapa komponen penting seperti :

  1. Rangka sistem MDV, biasa menggunakan baja profil WF atau H beam.
  2. Panel dinding, panel lantai, dan panel atas MDV. Menggunakan material besi atau material komposit tergantung dari merek produknya.
  3. Pintu khasanah atau kluis, berupa pintu besi khusus untuk ruang khasanah.
  4. Sistem pendukung, seperti misalnya pintu emergency dan sistem ventilator.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan sistem MDV?

Kelebihan sistem MDV antara lain adalah :

  1. Bisa digunakan untuk bangunan eksisting yang direnovasi untuk bangunan bank.
  2. Praktis dan ukuran yang presisi.
  3. Menggunakan sistem modular yang bisa dibongkar pasang damdipindahkan ke lokasi lain.
  4. Mudah dan cepat pemasangannya.
  5. Untuk yang menggunakan sistem interlocking, memiliki ketahanan yang baik terhadap api, bisa sampai 2,5 jam. 

Sedangkan kekurangan sistem MDV adalah pada biaya yang cukup mahal untuk membuat ruang khasanah dengan sistem ini.

Bagaimana Aplikasi Sistem MDV?

Panel MDV akan diukur sesuai dengan ukuran ruangan yang akan dipasangi produk tersebut. Jadi untuk mendapatkan ukuran pastinya supplier produk MDV akan melakukan survey dan pengukuran secara menyeluruh.

Setelah itu baru mereka akan dapat merencanakan sistem MDV yang tepat untuk bangunan bank tersebut termasuk dengan rangka struktur baja untuk panel MDV jika diperlukan.

Yang tidak boleh dilupakan adalah sistem ventilator untuk ruangan khasanah dengan sistem MDV ini agar udara masih bisa bersirkulasi.

Produksi material untuk sistem MDV ini bisa sampai 2 atau 3 bulan, sedangkan untuk pemasangan sistem MDV di lokasi umumnya memakan waktu sekitar 2 minggu sejak material tiba di lokasi, tetapi tergantung ukuran ruangannya juga.

Demikian sedikit ulasan tentang MDV untuk ruang khasanah dan SDB pada bangunan bank, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Modular Vault System (MDV) Untuk Ruang Khasanah Bangunan Bank"